Rabu, 10 Maret 2010

Defisit Neraca Gas 2010 2.544 MMSCFD

Sekedar mengingatkan saja pada postingan Type Approval Indonesia sebelumnya, saya menulis artikel tentang Type Approval Indonesia dan kali ini saya akan membahas tentang Defisit Neraca Gas 2010 2.544 MMSCFD. Menurut informasi yang Kanghari dapatkan melalui mesin pencari google bahwa Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan, berdasarkan Neraca Gas Indonesia 2010–2025, tahun ini defisit gas mencapai 2.544 juta kaki kubik per hari (MMSCFD).

Data tersebut berdasarkan selisih produksi gas baik sudah berjalan (existing supply) dan yang masih berupa proyek (project supply) dengan permintaan yang sudah terkontrak (contracted demand) maupun masih dalam komitmen (committed demand). ”Pada 2010, contracted dan committed demand hanya dapat dipenuhi sebesar 75,7% dari existing dan project supply, ujar Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita Legowo di Jakarta kemarin. Menurut Type Approval Indonesia, bila hanya menghitung contracted demand, maka terpenuhi 88,9% dari existing dan project supply.

Defisit tersebut,lanjut Evita, dikarenakan penurunan produksi lapangan lama dan keterlambatan produksi lapangan gas baru. Evita menambahkan, contracted demand dalam jangka menengah, yakni 2010–2014 dapat terpenuhi 115% per tahun dari existing dan project supply. Sementara itu, contracted dan committed demand 2010–2014 hanya dapat dipenuhi sebesar 81,7% per tahun dari existingdan project supply. Dalam jangka panjang, yakni 2010–2025, tercatat contracted demand terpenuhi 148% per tahun dari existing dan project supply akibat mulai berproduksinya project supply dan penurunan contracted demand pada masa akhir kontrak.

Sementara itu, dari sisi contracted dan committed demand 2010–2025 hanya dapat dipenuhi sebesar 73% per tahun dari existing dan project supply akibat penurunan kemampuan produksi alamiah dan kenaikan committed demand. Neraca Gas Indonesia dibagi ke dalam 12 wilayah, yakni Aceh, Sumatera bagian utara, Sumatera bagian tengah dan selatan, Jawa bagian barat, Jawa bagian tengah, Jawa bagian timur,Sulawesi bagian selatan, Sulawesi bagian tengah, Maluku bagian selatan,Papua,dan Kepulauan Riau. Data neraca tersebut sudah memperhitungkan produksi gas metana batu bara di dua wilayah, yakni Kalimantan Timur dan Sumatera Tengah dan Selatan.

Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan pabrik pupuk, pemerintah Neraca Gas Indonesia 2010–2025 mengalokasikan produksi sebesar 496 juta MMSCFD. Evita mengatakan, pasokan gas tersebut berasal di Papua 200 MMSCFD, Sulawesi Tengah 91 MMSCFD, dari Blok Cepu sebanyak 85 MMSCFD untuk pabrik baru PT Petrokimia Gresik, dan dari Aceh 120 MMSCFD yang berasal dari Blok A. Terpisah, Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat menegaskan akan terus memperjuangkan pasokan gas bagi industri. Seperti diketahui, industri nasional saat ini kelabakan akibat kekurangan pasokan gas, menurut pengamatan Type Approval Indonesia.

Hidayat mengatakan,pihaknya akan memfasilitasi pertemuan kembali antara PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dengan industri pengguna gas, seperti Asosiasi Industri Keramik Indonesia (Asaki) untuk mencari jalan tengah mengatasi krisis gas . ”Kami menginginkan, jangan sampai ada pengurangan pasokan gas. Besok (hari ini) akan dibicarakan lagi. Kalaupun pertemuan besok tidak mendapatkan titik temu, kami akan membawa persoalan ini ke Sidang Kabinet pekan depan,” ujar Hidayat di Jakarta kemarin.

Direktur Jenderal Industri Agro dan Kimia Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Benny Wahyudi menegaskan, pemangkasan pasokan gas untuk industri pengguna gas, seperti keramik, makanan minuman, baja, dan kertas, otomatis akan mengurangi daya saingnya.”Kalau pasokan gas dipangkas nanti harga produk naik dan akibatnya daya saing akan turun. Dan kalau sudah kalah bersaing maka banyak industri tutup,”cetusnya.

Anda sedang membaca artikel Defisit Neraca Gas 2010 2.544 MMSCFD dan artikel ini url permalinknya adalah http://typeapproval-indonesia.blogspot.com/2010/03/defisit-neraca-gas-2010-2544-mmscfd.html
Semoga artikel Defisit Neraca Gas 2010 2.544 MMSCFD ini bisa bermanfaat.

0 komentar:

 
 
Copyright © 2013 Type Approval Indonesia All Rights Reserved
Alomeci