Senin, 15 Maret 2010

Teroris Kabur dari Aceh

Mabes Polri mensinyalir sisa-sisa teroris yang hingga kini dalam pengejaran pasukan gabungan Brimob Polda Aceh dan Densus 88/Antiteror telah kabur ke luar wilayah Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Dari tersangka yang ditangkap dan diperiksa dikhawatirkan saat ini mereka sudah keluar dari Aceh,” ujar Kepala Divisi Humas Mabes Inspektur Jenderal Polisi Edward Aritonang di Mabes Polri, Jakarta kemarin. Menurut Edward, berbagai upaya penyekatan telah dilakukan untuk mencegah keluarnya para pelaku teroris keluar dari wilayah Aceh. Karena itu, tidak menutup kemungkinan ada di antara mereka yang masih di sekitar Aceh.

Mudah-mudahan seluruh kelompok ini dapat kami tangkap dan dibawa ke meja hijau untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” ujarnya. Dari hasil pengembangan, kata Edward, di antara mereka merupakan eks pejuang di sejumlah wilayah konflik,seperti di Moro,Filipina. Karena itu,mereka yang terlibat dalam pelatihan di kamp militer di pegunungan Jalin Jantho, Aceh Besar, berperan sebagai penyuplai logistik,penyalur dana dan pelatih.

berdasarkan pengakuan dari para anggota jaringan teroris yang ditangkap aparat, Aceh dipilih sebagai basis pelatihan karena daerah tersebut sepi, jauh dari pengamatan dan medannya cukup bagus untuk melakukan kegiatan dan pelatihan militer, menurut informasi yang didapatkan Type Approval Indonesia Memang Paling Top yang didapatkan melalui mesin pencari google. Jenderal bintang dua ini memperkirakan, senjata api yang dimiliki para teroris bukan dari eks Gerakan Aceh Merdeka (GAM),namun dari luar. Ini dapat dibedakan dari merek pembuatan dan amunisi yang tidak lazim dengan yang ada di Indonesia.

Meski, dari jumlah senjata api yang digunakan tidak sedikit yang dipakai di Indonesia. “Kita bisa bedakan dari mereknya, ini yang keluar dari pabrik Indonesia dan bukan,” ungkapnya. Lebih jauh Edward menjelaskan, Polri masih melakukan penyelidikan termasuk identifikasi terhadap dua jenazah Encang Kurnia dan Puro Sudarna yang tewas dalam kontak senjata di depan Mapolsek Leupung,Aceh Besar. Saat ini keduanya berada di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

“Secepatnya akan kami kabarkan ke keluarganya setelah proses identifikasi selesai,”ungkapnya. Mengenai apakah korban tewas bernama Encang Kurnia itu terlibat bom Bali I,Edward mengaku masih menunggu hasil identifikasi untuk memastikan apakah korban tewas adalah Jaja atau orang lain.Kalau terbukti Jaja,ada beberapa kasus terorisme yang melibatkannya.

Ditanya soal bersatunya tiga jaringanteroris, sepertiJamaahIslamiyah (JI),Darul Islam (DI),Poso dan Ambon dalam jaringan teroris poros Aceh–Pamulang,Edward mengaku, belum bisa memastikan kelompok mana yang bersatu.Namun,indikasi bahwa mereka pernah terlibat dalamkelompok A,BdanC.”Jadidia bergabung atas nama kelompok atau perorangan itu masih dalam penyelidikan kami,”paparnya.

Selain menyelidiki hal di atas, Polri hingga kini masih mendalami aliran dana Rp500 juta yang diperoleh jaringan teror tersebut.Termasuk keterkaitannya dengan aksi perampokan seorang pedagang emas di Sawang,Aceh Utara. Pengembangan ini untuk mengetahui apakah aksi perampokan tersebut terkait dengan fai (istilah untuk menyebut aktivitas mencari dana dengan merampas dan merampok harta milik orang lain).

Sebab, untuk mendukung kegiatannya teroris juga membutuhkan dana, logistik untuk membeli obat dan butuh perawatan. PanglimaTNI JenderalTNI Djoko Santoso mengatakan, TNI dan Polri siap menghadapi ancaman maupun serangan teroris yang dinilai mengganggu stabilitas nasional. Menurut dia, ancaman teror dapat datang kapan pun,namun TNI sudah siap dalam mengantisipasinya.

Terkait dugaan pencurian menyusul kepemilikan senjata api laras panjang jenis M16 dan sejumlah amunisi buatan Indonesia yang digunakan para tersangka teroris, Panglima mengatakan sejumlah kemungkinan bisa terjadi. Menurut dia, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada kepolisian untuk melakukan penyelidikan.

Anda sedang membaca artikel Teroris Kabur dari Aceh dan artikel ini url permalinknya adalah http://typeapproval-indonesia.blogspot.com/2010/03/teroris-kabur-dari-aceh.html
Semoga artikel Teroris Kabur dari Aceh ini bisa bermanfaat.

0 komentar:

 
 
Copyright © 2013 Type Approval Indonesia All Rights Reserved
Alomeci