Selasa, 05 Oktober 2010

BKD Diminta Kaji Ulang Sistem Seleksi CPNS

Komisi A DPRD Sulsel meminta Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel mengkaji ulang rencana penerapan tes wawancara bahasa Inggris dan tes fisik dalam seleksi penerimaan CPNS 2010. Sekretaris Komisi A Rudy Pieter Goni menuturkan, niat Pemprov Sulsel itu baik dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Hanya, perlu dilakukan kajian dulu sebelum menerapkannya. Politikus PDIP Sulsel ini menilai, kajian perlu dilakukan untuk mengetahui perlu tidaknya sistem itu dilaksanakan. Mekanisme tersebut dikhawatirkan akan menuai masalah. Sebab, sampai saat ini BKD belum memberikan indikator terhadap rencana pelaksanaan sistem baru itu. “SDM calon pendaftar CPNS tidak diragukan,tapi kantidak semua pendaftar itu menjadikan bahasa Inggris sebagai pengantar mereka dalam kuliah.

Malah, hanya beberapa jurusan di perguruan tinggi yang menerapkannya,”katanya. RPG, sapaan akrab Rudi Pieter Goni, mengungkapkan, sejumlah persiapan matang harus pula dilakukan BKD, seperti menunjuk lembaga mana yang melakukan tes tersebut. Mengingat untuk keahlian bahasa Inggris, tidak saja melalui percakapan, tapi juga dibutuhkan tes tertulis, seperti TOEFL, untuk mengukur kemampuan calon pelamar CPNS. “BKD harus menjelaskan secara terbuka ke publik, indikator yang dijadikan acuan melaksanakan proses itu sehingga nanti penilaiannya tidak subyektif,” paparnya.

Kepala BKD Sulsel Andi Murni mengatakan, CPNS diwajibkan mengikuti tes fisik meliputi pengukuran tinggi dan berat badan, seusai menyetor berkas. Setelah dinyatakan lulus tes akademik atau seleksi tertulis, tiap peserta diwajibkan masuk ke tes bahasa Inggris yang dilanjutkan wawancara.

Anda sedang membaca artikel BKD Diminta Kaji Ulang Sistem Seleksi CPNS dan artikel ini url permalinknya adalah http://typeapproval-indonesia.blogspot.com/2010/10/bkd-diminta-kaji-ulang-sistem-seleksi.html
Semoga artikel BKD Diminta Kaji Ulang Sistem Seleksi CPNS ini bisa bermanfaat.

0 komentar:

 
 
Copyright © 2013 Type Approval Indonesia All Rights Reserved
Alomeci