Jumat, 20 Agustus 2010

"Ruhut Usul Tiga Periode, Ada Asap Ada Api"

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Syafi'i Maarif menyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang penuh misteri. Hal itu dikemukakan Guru Besar Ilmu Sejarah itu terkait usul amandemen konstitusi untuk memperpanjang masa jabatan presiden yang dilontarkan salah satu Ketua Partai Demokrat Ruhut Sitompul.

Kalau ada asap, tentu ada api," kata Syafi'i. "Saya rasa itu bukan inisiatif pribadi dia (Ruhut). Tapi saya tidak tahu dari mana asal inisiatif itu," kata Syafi'i usai Seminar Nasional Hari Konstitusi di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat 20 Agustus 2010.

Namun Syafi'i menolak untuk menduga-duga skenario yang mungkin ada di belakang aksi Ruhut tersebut. "Tidak tahu. Kan saya tidak bertemu dengan Ruhut," ujar Syafi'i sambil tersenyum simpul. Negeri ini penuh misteri. Oleh karena itu sebaiknya RI (Republik Indonesia) diganti saja menjadi Republik Misteri Indonesia -- RMI," ujarnya. Masih sambil bercanda, Syafi'i menambahkan bahwa amandemen untuk memperpanjang masa jabatan presiden menjadi tiga periode, sebenarnya tidak cukup.

"Tiga periode jabatan itu kurang. Seharusnya seumur hidup, dan orang yang menjabat seumur hidup itu saya rasa orang yang takut dengan bayangannya," ujar Syafi'i. Namun ia buru-buru menyatakan bahwa konstitusi yang ada sekarang sudah cukup bagus. Konstitusi kita sudah benar. Itu adalah pencapaian reformasi terbesar," kata Syafi'i. Karenanya, ia tidak sepakat dengan upaya untuk memperpanjang masa jabatan presiden melalui amandemen konstitusi.

Beberapa hari lalu Ruhut mengusulkan amandemen UUD 1945 untuk memperpanjang masa jabatan presiden menjadi tiga periode. "Karena saat ini belum ada tokoh bangsa yang bisa menyaingi presiden kita yang sekarang, Bapak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono)," kata Ruhut Sitompul yang juga juru bicara Partai Demokrat kepada VIVAnews, Rabu 18 Agustus 2010.

Pernyataan Ruhut menuai kontroversi, baik di dunia maya maupun memancing tanggapan politisi partai lain. Nasir Djamil dari Partai Keadilan Sejahtera mempertanyakan darimana datangnya keberanian Ruhut mengusulkan perpanjangan 3 periode itu. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Marzuki Alie, menegaskan bahwa ide perpanjangan masa jabatan presiden bukan sikap partai, tapi pendapat pribadi Ruhut.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menanggapi, "Staf khusus saya memberi tahu, ini sudah masuk ke media online dan Twitter, tentang usulan 1-2 kelompok untuk tidak lagi membatasi masa jabatan presiden. Tentu ini isu yang panas, jangan-jangan SBY yang punya mau," kata Presiden Yudhoyono saat menghadiri Hari Ulang Tahun MPR dan Hari Ulang Tahun Konstitusi di Gedung DPR/MPR/DPD, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu 18 Agustus 2010.

Menurut SBY, penting baginya untuk memberikan penjelasan langsung, apalagi masyarakat kadang-kadang reaktif dengan isu-isu seperti itu. "Kita sudah lakukan perubahan dan ini adalah amandemen pertama, ketika ini digodok dan dimatangkan saya adalah ketua fraksi ABRI," kata SBY.

Karena itu saya sangat mendukung masa jabatan presiden dibatasi paling jauh dua periode," ujarnya Yudhoyono. Sesudah penjelasan Presiden SBY itu, Ruhut berkomentar bahwa dia dan SBY sudah seperti tim dalam permainan bola voli. Ruhut bermain bola, SBY smash. Walau bola amandemen undang-undang yang dilontarkan Ruhut itu langsung dismash SBY, Ruhut membantah bahwa semua itu sudah direncanakan.

Anda sedang membaca artikel "Ruhut Usul Tiga Periode, Ada Asap Ada Api" dan artikel ini url permalinknya adalah http://typeapproval-indonesia.blogspot.com/2010/08/ruhut-usul-tiga-periode-ada-asap-ada.html
Semoga artikel "Ruhut Usul Tiga Periode, Ada Asap Ada Api" ini bisa bermanfaat.

0 komentar:

 
 
Copyright © 2013 Type Approval Indonesia All Rights Reserved
Alomeci