Kamis, 17 September 2009

Istilah Telekomunikasi Differentiated Services (DiffServ)

Selamat datang di Type Approval, pada postingan saya sebelumnya, saya menulis artikel tentang GSM (Global System For Mobile Communikation), dan kali ini saya akan menulis artikel tentang Istilah Telekomunikasi Differentiated Services (DiffServ), selamat membacanya.

Teknologi DiffServ berawal dari teknologi IntServ (Integrated Service). Pada jaringan IP ada dua pendekatan yang berbeda untuk mendukung QoS yaitu :
  • Signalled QoS : pendekatan ini berdasarkan pada pembentukan koneksi dinamis dengan protokol pensinyalan (RSVP, ATM, SVC). Ini digunakan dengan model integrated Sevice (IntServ).
  • Configured QoS : pendekatan ini yang paling utama adalah memberikan skema manajemen bandwith pada jaringan IP. Ini dilakukan dengan model DiffServ. Type-of-Service (ToS) di tiap header paket IP yang ada ditandai dengan prorioritas atau level layanan yang dibutuhkan oleh paket tersebut. Model Integrated service (IntServ) menyediakan aplikasi dengan tingkat jaminan layanan melalui negosiasi parameter jaringan secara end-to-end.

Admission control adalah suatu mekanisme yang mencegah jaringan mengalami over-loaded. Hal ini merupakan keunggulan teknologi intserv, akan tetapi mempunyai masalah dalam skalabilitas. Masalah skalabilitas ini dapat diatasi dengan tersedianya teknologi Differentiated Service (Diffserv) yang memiliki arsitektur jaringan dengan cost rendah (low-cost architecture). Arsitektur DiffServ menyediakan frame yang scalable untuk mendukung tersedianya QoS tanpa perlu mempunyai per flow state. Klasifikasi trafik multimedia digolongkan dalam kelas diffserv meliputi voip dan video yang digolongkan kelas EF, data UDP sebagai kelas AF dan data TCP (FTP) sebagai kelas BE.

beberapa hal yang menjadi karakteristik DiffServ yaitu:

  • Header pada IP termasuk DSCP menunjukkan tingakat layanan yang diinginkan.
  • DSCP memetakan paket ke PHB tertentu untuk diproses oleh router yang kompatibel.
  • PHB menyediakan tingkat layanan tertentu (seperti bandwidth, queueing, dan dropping decisions) yang sesuai dengan network policy

Ada dua jenis router dalam arsitektur DiffServ yaitu:

  1. Edge Router, terdiri dari Ingress Router dan Egress Router yang memiliki fungsi, mengatur dan menjaga kondisi aliran informasi (paket), menjalankan fungsi-fungsi police atau shape terhadap trafik yang masuk, dan men-set DSCP dalam DS field.
  2. Core Router, yang memiliki fungsi Implementasi PHB untuk setiap DSCP dan Memproses paket berdasarkan DSCP.

Semoga informasi dari saya bisa menambah pengetahuan anda, dan saya ingatkan kepada pembaca, jika anda membeli perangkat telekomunikasi, sebaiknya yang sudah disertifikasi atau sudah mendapatkan sertifikat resmi dari postel. Dan perangkat yang sudah disertifikasi tentunya sudah teruji di Balai besar Pengujia Perangkat Telekomunikasi sehingga mutu dan kualitas perangkat terjamin.

Bagi para distributor atau importir yang kesulitan atau tidak punya waktu untuk mengurus proses sertifikasi perangkat telekomunikasinya, perusahaan kami bergerak dibidang Type Approval Certification siap membantu anda sampai sertifikat yang diinginkan terbit secara resmi dari postel, semoga bermanfaat...

Anda sedang membaca artikel Istilah Telekomunikasi Differentiated Services (DiffServ) dan artikel ini url permalinknya adalah http://typeapproval-indonesia.blogspot.com/2009/09/istilah-telekomunikasi-differentiated.html
Semoga artikel Istilah Telekomunikasi Differentiated Services (DiffServ) ini bisa bermanfaat.

0 komentar:

 
 
Copyright © 2013 Type Approval Indonesia All Rights Reserved
Alomeci